Pages

RSS

Bahaya Network Sniffing

Hal yang anda lakukan untuk melindungi data anda dari virus dengan menginstal anti hacker atau sbgainya sama sekali tidak menjamin keamanan data anda. Hacker tetap bisa menyadap pembicaraan, password dan segala aktifitas yang dilakukan tanpa perlu merusak komputer sama sekali. Metode ini dikenal dengan nama Network Sniffing.

Network Sniffing adalah suatu aktifitas menyadap yang tidak bisa dicegah dengan segala macam software yang telah diinstal di komputer. Sniffing dapat dibagi menjadi dua macam yaitu passive sniffing dan aktif sniffing. Jika Passive Sniffing adalah kegiatan penyadapan tanpa merubah data atau paket apapun di jaringan, sedangkan Active Sniffing adalah penyadapan dengan melakukan tindakan-tindakan atau perubahan paket data di jaringan agar bisa melakukan sniffing.

Aktifitas sniffing ini sangat erat kaitannya dengan arsitektur jaringan serta cara kerja hub, switch dan teknologi di belakangnya, akan saya jelaskan sedikit mengenai hal itu.

Ethernet yang merupakan suatu aturan tentang pengkabelan dan juga aturan tentang bagaimana sinyal data dialirkan melalui kabel tersebut. Pada awalnya ethernet menggunakan kabel Coaxial yang biasa di pakai untuk jabel TV. Dengan bentuk seperti itu, data yang dikirim ke dalam jaringan akan dialirkan ke semua komputer yang berada di jaringan ( Broadcast ). Nah akibat dari model jaringan seperti inilah yang memudahkan Sniffing beraksi karena data menjadi tidak secure lagi. Karena kebutuhan jaringan yang terus menuntut jaringan semakin membaik, maka jenis kabelpun diganti dari coaxial menjadi UTP ( Unshielded Twisted Pair ) yang biasa dikenal dengan RJ-45. yang bentuknya mirip dengan RJ-11 yang di gunakan untuk konektor telepon rumah.

Hub yang berfungsi untuk meneruskan signal ke semua port ( broadcast ). Hub terbagi menjadi 2 yaitu passive dan active hub. Letak perbedaan antara kedua hub itu hanyalah terletak pada tambahan fungsi yaitu Active hub yang tidak hanya untuk meneruskan sinyal seperti Passive hub tetapi juga sebagai penguat sinyal ( Repeater ). Dalam hal keamanan, tidak ada bedanya antara passive dan active hub. Oleh karena sifat broadcast dari hub maka sniffing akan sangat mudah untuk dilakukan, network sniffer akan dengan mudah untuk mencuri data – data seperti password, pin, serta berbagai informasi berharga lainnya tanpa perlu menyerang komputer yang ada di jaringan tersebut.

Beberapa sniffer yang terkenal adalah Wireshark ( dulu namanya ethereal ), Snort, TCPDump, Windump hingga sniffer yang lagi naik daun di kalangan Hacker yaitu Cain n Able yang saat posting artikel ini versi terakhirnya adalah 4.9.15 adalah produk dari Oxid.it.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: